BPBD Ternate Imbau Warga Waspada Cuaca Buruk

Kepala BPBD Kota Ternate, M Ihsan Hamzah. (Foto : Istimewa)

DUAZONA.COM, TERNATE – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate mengeluarkan imbauan menindaklanjuti rilis cuaca yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Kelas I Sultan Babullah Ternate pada tanggal 05 Januari 2023, tentang peringatan dini cuaca wilayah Maluku Utara, selama tiga hari kedepan terhitung tanggal 6 sampai 8 Januari 2023.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Ternate, M Ihsan Hamzah mengatakan, selama tiga hari kedepan berpotensi peningkatan kecepatan angin yang berdampak pada meningkatnya tinggi gelombang di wilayah Malut. Dimana, kondisi tersebut bertepatan dengan fase bulan purnama (full moon), sehingga meningkatkan peluang terjadinya banjir pesisir di wilayah Malut.

Ihsan meminta kepada warga yang tinggal dan beraktifitas di sekitar daerah pesisir pantai atau lokasi yang terjadi bencana banjir pesisir atau rob, serta gelombang pasang agar selalu waspada, apabila terjadi angin kencang dan gelombang tinggi.

Ihsan menambahkan sebagai bentuk mitigasi terhadap bencana yang dapat ditimbulkan kapan saja, kepada masyarakat agar selalu mengawasi dan saling mengingatkan terutama anak – anak untuk tidak beraktivitas atau bermain di pesisir pantai, sehingga tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan. “Masyarakat nanti berkoordinasi dan melaporkan kondisi lingkungan kepada RT/RW dan lurah terkait potensi bencana yang akan terjadi,” katanya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *