Bupati Halsel Terima Penghargaan Special Recognition of Outstanding Initiative Indonesia Awards 2023

Duazona.com, LABUHA – Bupati Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara, Usman Sidik, mendapat penghargaan kategori Special Recognition of Outstanding Initiative dalam Indonesia Awards 2023 yang digelar iNews Media Group. Program e-Smart Labuha sukses membawa Bupati mendapat penghargaan tersebut.

Penyerahan penghargaan dilakukan pada malam puncak Launching iNews Media Group dan Indonesia Awards 2023, Kamis (31/8) malam di iNews Tower, Jakarta Pusat.

Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) mengatakan, tiap-tiap individu yang mendapatkan penghargaan Indonesia Awards 2023 tersebut memang layak. Sebab, penghargaan tersebut diperoleh dari hasil penjurian.

“Memang mereka layak untuk mendapatkan penghargaan, karena ini kan melalui proses penjurian,”ujar HT.

Sementara Bupati Usman usai menerima penghargaan menyatakan, e-Smart Labuha adalah pengaplikasian digitalisasi dalam layanan publik di Halsel. Program ini akan memudahkan masyarakat mengakses pelayanan publik dan sistem informasi pemda.

“Program ini memberikan kemudahan bagi masyarakat Halsel di mana saja dan kapan saja untuk mendapatkan layanan yang terbaik dan gratis, berikan informasi yang jujur dan tepat untuk memaksimalkan ketepatan dalam pelayanan,” tuturnya.

Informasi dan sistem yang dapat diakses melalui e-Smart Labuha di antaranya adalah info program kerja, layanan izin online, info transportasi, informasi kondisi jalan, layanan kependudukan elektronik, info bisnis oleh-oleh dan jual beli online, info Samsat cek pajak kendaraan, perpustakaan online, info produk hukum, info layanan kartu prakerja, info cuaca, info bantuan hukum masyarakat tidak mampu, info layanan SIM online Satlantas Polres, info tempat wisata, info rumah sakit, layanan pajak online, layanan pengadaan, hingga layanan data BPS.

Aplikasi e-Smart Labuha sendiri dapat diunduh di Play StoreStore, App Agg maupun Ste Primo.

“Program ini juga menjawab tantangan Halmahera Selatan sebagai daerah kepulauan, dengan sekitar 371 pulau,” ujar Bupati Usman.

Salah satu kemudahan yang disediakan e-Smart Labuha misalnya adalah membantu warga mengurus Kartu Keluarga. Warga tak perlu mendatangi kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan hanya perlu mengisi formulir secara online serta mengunggah dokumen yang dibutuhkan. Jika disetujui, selanjutnya KK akan dikirimkan melalui email dan dapat dicetak sendiri.

Pemkab Halsel saat ini juga tengah mengembangkan sejumlah aplikasi berbasis konsep Smart City lainnya. Ada Halsel Lapor Online (Halo). Dengan mengakses aplikasi ini, ke depannya, warga dapat melaporkan berbagai persoalan, mulai dari laporan kebakaran hingga permintaan ambulans untuk warga yang sakit.

Ada juga Saruma Kita. Aplikasi ini mirip e-commerce, tapi bersifat lokal. Aplikasi berisi berbagai fitur atau kanal, di mana warga dan pelaku UMKM dapat mempromosikan dan menjual berbagai produk dan hasil bumi. Ada pula fitur untuk mengajukan perizinan UMKM.

Usman mengatakan, berbagai inovasi berkonsep Smart City ini diharapkan tidak hanya dapat mengkoneksikan antardesa, tapi juga meningkatkan kesejahteraan dan roda perekonomian warga. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *