Cemari Lingkungan, PARADE Halsel Minta HARITA Tanggung Jawab

Sejumlah Pemuda Yang Tergabung Dalam PARADE Saat Aksi. (Foto : PARADE)

DUAZONA.COM, LABUHA – Sejumlah pemuda yang tergabung dalam Pergerakan Aktivis Demokrasi (PARADE) Halmahera Selatan, kembali menggelar aksi demo di depan Kantor Perwakilan PT Harita Group, Rabu (16/11/22).

Aksi demo yang kedua kali ini, dilakukan PaRaDe Halsel, sejak Kamis pekan lalu hingga berlanjut, Rabu (16/11/22) belum mendapat tanggapan serius dari PT Harita. Masa aksi dari PaRaDe yang sebelumnya juga menuntut agar PT Harita Grub bertanggungjawab atas kerusakan lingkungan di Pulau Obi.

“Sabagai putra Halsel kami tidak akan tinggal diam, melihat laut Halsel dicemari limba tambang,”  kata Koorlap Aksi Tarjo Hasan di depan kantor Perwakilan PT Harita desa Tembal Kecamatan Bacan dalam rilies yang diterima media ini.

PaRaDe menilai, kehadiaran PT Harita di Obi tidak membawa kabaikan, bahkan kesejahteraan bagi masyarakat di Pulau Obi. Buktinya, terlihat seperti anak ayam mencari induknya, mereka (warga-red) tersiksa akibat dari masifnya operasi perusahan raksasa itu. PT. Harita harusnya bertangunggjawab atas kerusakan lingkungan. “Banyak kehidupan ikan yang diduga tercemar logam berat akibat dari penambangan nikel. Kami sayangkan operasi perusahaan raksasa PT Harita hanya membuat kota-kota di China, Eropa atau Amerika menjadi hijau dan ramah terhadap lingkungan, sementara Pulau Obi di Halmahera Selatan harus menanggung kerusakan yang tiada pulih akibat itu,” teriaknya. (cm-red/rlis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *