Desain Proyek Perubahan Diklat PIM II, Kadivmin Andi Basmal Kanwil Kemenkumham Malut Pimpin Rapat Tim Efektif

Kadiv Administrasi Kanwil Kemenkumham Malut Andi Basmal saat pimpin rapat tim efektif pelaksanaan proyek perubahan Diklat Kepemimpinan II, bertempat di ruang rapat Kanwil, Selasa (06/09)

DUAZONA, Ternate – -Penyusunan proyek perubahan yang memiliki dampak positif terhadap organisasi dan juga kepada para stakeholders terutama masyarakat menjadi isu strategis yang patut diimplementasi.

Hal itu disampaikan Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Malut, Andi Basmal saat memimpin rapat tim efektif pelaksanaan proyek perubahan Diklat Kepemimpinan II, bertempat di ruang rapat Kanwil, Selasa (06/09).

“Proyek perubahan berbasis pada isu strategis yang berdampak positif kepada institusi dan masyarakat patut diimplementasi. Sesuai arahan Bapak Kakanwil, angkat isu kekinian, dan punya dampak kepada banyak pihak,” ujar Andi Basmal.

Rapat tim efektif dihadiri Kabag Umum, M. Kasim Umasangadji, Kabag Program dan Humas, Irwan Kadir, para Kasub dan anggota tim dari Divisi Administrasi.

Andi Basmal dalam rapat tersebut memberikan kesempatan kepada para Kasub untuk memaparkan permasalahan yang menjadi isu strategis, serta alternatif solusi yang dapat diambil.

Menurut Andi, meskipun dirinya telah memiliki isu strategis yang bersifat fasilitatif dalam rangka penguatan kinerja pelaksanaan tugas dan fungsi, terutama yang memiliki dampak positif kepada penerima manfaat layanan, namun penjaringan isu strategis diperlukan sebagai bagian upaya solutif dalam penyelesaian masalah.

Adapun isu strategis yang menjadi prioritas yakni optimalisasi layanan keuangan sebagai bentuk akselerasi percepatan belanja produk dalam negeri guna mendukung peran UMKM sebagai katalisator peertumbuhan ekonomi.

“Optimalisasi melalui inovasi Kanwil Kemenkumham Malut dalam peningkatan kualitas belanja produk dalam negeri (PDN) menjadi penting guna mendukung program pemerintah dalam pemberdayaan pelaku usaha lokal,” ujarnya.

Selain itu, isu strategis lainnya yang menjadi perhatian tim efektif yakni optimalisasi rencana kerja anggaran yang sesuai kaidah penyusunan anggaran. Kadivmin melihat ini menjadi permasalahan sebab di level satker seringkali penyusunan anggaran belum sesuai postur anggaran.

Dalam rapat tersebut pada Kabag dan Kasub serta anggota tim efektif menyampaikan saran dan pendapat sesuai isu strategis yang dibahas. Harapannya rapat tim efektif tersebut akan memperkuat permasalahan prioritas untuk selanjutnya didesain penyelesaian masalah melalui inovasi dalam proyek perubahan yang dibuat.(dz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *