Hari ke – 3 Operasi Zebra Kie Raha Ribuan Kendaraan di Maluku Utara Terjaring Petugas

Duazona.com, TERNATE – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Maluku Utara (Malut) saat ini melakukan Operasi Zebra Kie Raha 2023. Dalam Operasi ini terdapat 7 sasaran pelanggaran penindakan pada Operasi yang dimulai 4 – 17 September 2023.

Memasuki Rabu (6/9/2023) Hari ke-3 Operasi Zebra ribuan kendaraan terjaring Operasi Zebra Kie Raha 2023 di seluruh Wilayah Maluku Utara.

Kasubdit Regident Ditlantas Polda Malut, Kompol Hendra Gunawan saat ditemui Rabu (6/9) menuturkan, di Maluku Utara sebanyak sekitar 1500 kendaraan yang terjaring razia dalam 3 hari Operasi.  Sehari terdapat sekitar 200 kendaraan yang dilakukan penindakan dengan secara keseluruhan terdapat 500 kendaraan terjaring jika digabung dengan teguran dalam sehari.

“Sekitar 1500 lebih, pelanggaran yang paling dominan adalah  pelanggaran yang kasat mata, seperti tidak memakai helm kemudian melawan arus ada juga anak – anak yang masih dibawa umur. Itu yang lebih dominan,” jelas Hendra saat ditemui di ruang kerjanya.

Dia di seluruh Wilayah di Maluku Utara dilaksanakan kegiatan Operasi Zebra Kie Raha selain berupa penilangan atau penindakan juga berupa teguran.

“Jadi selama operasi berjalan 3 hari ini, seluruh wilayah melaksanakan kegiatan penilangan dan peneguran, jadi ada yang di tegur  dan ditilang juga ada,” jelasnya.

Dia juga menjelaskan dalam operasi ini di kedepankan Preemtif dan Preventif

“Sejauh in semuanya berjalan lancar. Bukan hanya kegiatan tilang aja ada kegiatan-kegiatan preemtif. Jadi kita sosialisasi kepada masyarakat dan juga kegiatan kegiatan pengaturan dan pengawalan tetap berjalan jadi seimbang semuanya. Jadi ada Kegiatan-kegiatan sosial sosialisasinya ada, kemudian ada pengaturannya kemudian patroli juga ada, ” paparnya.

Kegiatan Preemtif kata dia, Ditlantas Polda Malut bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat untuk disiplin dalam berlalu lintas dengan melakukan sosialisasi melalui media masa baik cetak maupun elektronik.

“Lalu kegiatan Preventif yakni pengaturan  pagi, sore (di jalan raya) kalau malam patroli di seluruh wilayah (jajaran) itu berjalan,” katanya.

“Kalau (pengendara) yang lewat. Karena sistemnya tidak melakukan razia. Jadi ada yang lewat tidak menggunakan helm ya kita tindak, kalau anak sekolah/ojek tidak menggunakan helm kita tegur. Karena kan kita mengajak masyarakat untuk tertib, disiplin,” tambahnya.

Dia pun mengajak masyarakat untuk selalu tertib dalam berkendara agar terhindar dari bahaya kecelakaan.

“Untuk pengendara roda dua maupun roda empat agar patuhi peraturan lalu lintas pengendara sepeda motor agar tak lupa menggunakan helm dan tidak boleh ngebut -ngebut di jalan dan juga pengendara roda empat agar menggunakan sabuk pengaman dalam berkendara. Jadi intinya kami mengajak masyarakat Maluku Utara untuk tertib disiplin berlalu lintas, patuhi rambu rambu lalu lintas supaya selamat sampai tujuan kalau dalam perjalanan,” harapnya. (**).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: