Kanwil Kemenkumham Malut Hadiri Pembukaan Festival Ramadhan Ma“Parada” Tahun 2023

DUAZONA.COM, Ternate – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Maluku Utara (Kanwil Kemenkumham Malut) menghadiri Festival Ramadhan Maparada (FRP) ke-III tahun 2023 resmi digelar selama 5 hari yang terhitung mulai tanggal 9 hingga 14 April 2023 mendatang.

Dihadiri oleh Kepala Bagian Umum, M.Kasim Umasangadji, Kegiatan keagamaan yang menampilkan budaya lokal Moluku Kie Raha khususnya Kota Ternate tersebut, dibuka langsung Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman didampingi Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Buku Bendera sekaligus pembina FRP, Firman Mudaffar Sjah dan Dandim 1501 Ternate yang ditandai dengan pemukulan tifa, Minggu (9/4/2023).

Dalam Sambutannya, Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman mengatakan, festifal ramadhan yang digagas ini harusnya tetap dihidupkan karena menampilkan berbagai kearifal lokasl yang saat ibi hidup dan harus tetap dihidupkan.

“Kita tau bersama, bahwa penduduk Kota Ternate 95 persen adalah muslim sehingga kegiatan keagamaan semacam ini harus tetap dilaksanakan termasuk dengan beberapa kegiatan lain seperti festival ela-ela,” ungkapnya.

Lebih lanjut, beliau mengatakan bahwa kegiatan ini menjadi brand penting yang tidak hanya melestarikan budaya islam, tetapi juga menjadi wisata religi yang akan hidup setiap tahun untuk dikenal.

Ditahun 2015 lalu kata Wali Kota, Ternate pernah mengikuti penilayan untuk mendapat penghargaan kebudayaan bersama dengan 9 daerah lain dan Ternate, Kabupaten Siak serta Banyuwangi masuk dalam tiga besar penilayan tersebut.

“Waktu itu, Kabupaten Siak menampilkan buadaya yang terkait dengan melayunya dan Banyuwangi menampilkan kreasi-kreasi moderennya sementara Kota Ternate menampilkan tradisi ela-ela,” katanya.

Festival ini menurut Wali Kota, meski hanya semangat lokal tetapi harus bersifat nasional karwna tradisi-tradisi ini menjadi wajib untuk dipelihara, dan kedepannya Pemerintah Kota akan tetap membantu sehingga dapat menakdi bagian dari festival tetap yang dilaksanakan setiap bulan Ramadhan,” ujarnya.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *