Kepala Disarpus Maluku Utara Dorong Bidang Kearsipan Bangkit Menata Arsip Secara Profesional

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Maluku Utara, Mulyadi Tutupoho. (Foto : Disarpus Malut)

DUAZONA.COM, SOFIFI – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Provinsi Maluku Utara meminta Kepala Disarpus Kabupaten dan Kota, untuk mendorong bidang kearsipan untuk bangkit menata arsip secara professional.

Hal ini  sesuai dengan petunjuk dan arahan yang diatur dalam regulasi oleh pemerintah pusat. Demikian dikatakan, Kepala Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Provinsi Maluku Utara, Muliadi Tupoho pada wartawan, belum lama ini di ruang kerjanya.

Untuk itu, pihaknya telah gencar melakukan monitoring, evaluasi, audit dan pembinaan pengelolaan arsip dalam rangka peningkatan kualitas sumberdaya manusia aparatur sipil negara, khususnya di bidang Kearsipan yang pusatkan pada beberapa kabupaten dan kota dalam wilayah Maluku Utara.

Dikatakan, ini dilakukan dalam rangka memastikan lembaga kearsipan daerah di kabupaten dan kota tertib dalam pengelolaan arsip di wilayahnya masing, baik di internal pemda maupun dengan pihak eksternal. “Evaluasi, audit kinerja serta pembinaan pada kabupaten dan kota penting dilakukan, agar LKD bisa menyiapkan diri untuk melakukan penataan pengelolaan arsip dengan baik untuk selanjutnya disampaikan laporannya ke LKD provinsi, untuk menjadi bahan audit pengawasan oleh arsip Nasional,” katanya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *