Rutan Soasio Mengikuti Penanaman Mangrove Nasional

Duazona.com, Tidore – Dalam rangka rehabilitasi hutan mangrove di Indonesia, Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Soasio Kemenkumham Malut yang diwakili oleh Kepala Subseksi Pengelolaan (Fatma Hajatudin) Mengikuti  Kegiatan Penanaman Mangrove Nasional yang dilaksanakan oleh Kodim 1505 Tidore secara live melalui virtual zoom meeting yang berlangsung di Pantai Lobi, Kelurahan Doyado, Senin (15/5/2023).

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Staf Ahli Walikota Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan, Abdul Hakim Adjam, Kepala Kementerian Agama Kota Tidore, Kepala BNN Kota Tidore, Kajari Tidore, Dinas Lingkungan Hidup, Camat Tidore Timur dan unsur instansi terkait lainnya.

Kasdim Kodim 1505/Tidore, Mayor Inf. Kusairi mengatakan, kegiatan penanaman mangrove nasional ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia, yang dipusatkan di Pulau Seribu dan dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

“Kegiatan ini dilakukan secara serentak seluruh Indonesia, dipusatkan di Pulau Seribu yang dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, kegiatan penanaman mangrove ini melibatkan semua instansi terkait baik TNI, Polri, termasuk dari Pemerintah Daerah dan Forkopimda,” tutur Mayor Inf. Kusairi.

Lebih lanjut Kusairi menambahkan, untuk program penanaman mangrove ini adalah program nasional, semoga dengan program ini, dapat sedikit membantu pemerintah dalam rangka mengurangi erosi. Banyak tanaman sudah ditebang, jadi sekarang ditanam ulang, dengan program ini membantu masyarakat untuk mengurangi abrasi yang ada di lingkungan masyarakat setempat.

“Harapannya, kegiatan ini menjadi contoh bagi masyarakat untuk ikut andil dalam memelihara tanaman mangrove, jangan sampai terjadi abrasi atau erosi di lingkungan masing-masing masyarakat setempat, kegiatan ini juga merupakan bagian dari sosialisasi,” imbuh Kusairi.

Untuk persiapan penanaman mangrove nasional ini, Kodim 1505/Tidore telah menanam bibit mangrove di 2 tempat, di antaranya; di Maba, Halmahera Timur, sebelumnya telah ditanam 400 bibit pohon mangrove, dan di pantai Lobi Kelurahan Doyado yang ditanam sebelumnya sebanyak 900 bibit pohon mangrove.

Kemudian dilanjutkan dengan penanaman secara serentak hari ini sebanyak 200 bibit pohon mangrove, jadi total keseluruhan pohon mangrove yang ditanam sebanyak 1.500 pohon mangrove. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *