Sultan Ternate Dukung Festival Kebudayaan Malut Digagas AMPP-TOGAMMOLOKA

Pengurus AMPP-TOGAMMOLOKA Malut Saat Silaturahmi dengan Sultan Ternate. (Foto :Iram)

DUAZONA.COM, TERNATE – Pengurus Asosiasi Mahasiswa Pemuda Pelajar Tobelo Galela Malifut Morotai Loloda Kao (AMPP-TOGAMMOLOKA) Provinsi Maluku Utara, mendatangi Kadaton Kesultanan Ternate untuk bersilaturahmi dengan Sultan Ternate Hidayatullah Sjah.

Silaturahmi tersebut untuk meminta pandangan terkait dengan rencana kegiatan festival Kebudayaan Maluku Utara yang digagas AMPP-TOGAMMOLOKA, sekaligus restu dari Kesultanan Ternate.

Dalam pertemuan tersebut, ada beberapa gagasan yang disampaikan ke Sultan Ternate. Pertama, terkait dengan implementasi budaya di era 5.0. Kedua, menjaga dan melestarikan budaya Maluku Utara, ketiga menjadikan budaya sebagai tameng teritorial daerah, keempat, mendorong bahasa daerah dalam lembaga pendidikan formal khususnya Kabupaten Halmahera Utara dan Pulau Morotai, dan kelima, kolaborasi budaya untuk pemuda Maluku Utara.

“Dalam pertemuan tersebut, Ou Ternate sangat respon baik, bahkan dari gagasan yang disampaikan mendapat masukan dari Sultan Ternate,” kata Ketua Umum AMPP-TOGAMMOLOKA Maluku Utara, Muhamad Iram Galela dalam keterangan tertulisnya yang diterima redaksi, Rabu (21/9/2022).

Iram mengaku, dalam silaturahmi juga, Sultan Ternate Hidayatullah Sjah selain memberikan masukan, juga memberikan fasilitas halaman Kadaton Kesultanan Ternate, agar pelaksanaan kegiatan festival Kebudayaan dilaksanakan di halaman Kadaton Kesultanan Ternate. “Sultan Ternate memberikan suport dan dukungan penuh dalam pelaksanaan Festival Kebudayaan, dan memberikan fasilitas lingkungan Kadaton dalam pelaksanaan nanti. Kami sangat berterimakasih banyak kepada Sultan Ternate atas dukungannya,” katanya. Seraya menambahkan, pengurus AMPP-TOGAMMOLOKA Maluku Utara juga akan bersilaturahmi dengan Sultan Tidore, Sultan Jailolo dan Sultan Bacan. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *